Langsung ke konten utama

Ini kisahku mana kisah mu???


Kuliah
Oleh: Mega Ma’ruf Nugraha
(1154020083)

                UIN Sunan Gunung Djati Bandung, itulah tempat dimana saya meneruskan pendidikan setelah SMA menuju perguruan tinggi. Pada tahun 2015 saya masuk Universitas itu mengambil jurusan Komunikasai Penyiaran Islam di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Saya mengambil jurusan ini karena kemauan orangtua ku yang ingin anaknya bisa ceramah, dan saya mengikuti kemauan orang tua ku itu. Padahal saya ingin mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam.
                Sedikit terepaksa mengambil jurusan yang bukan kemaun ku itu tapi apa daya hati yang memaksa untuk menuruti perintah sekaligus kemauan orang tua ku. Saya berfikir bahwa perintah orang tua akan menyelamatkan ku di masa depan kelak, karena “Ridhallah fi Ridha walidain” ridha Allah ada di ridhanya orang tua.
Setiap saya sekolah yang memilih sekolah adalah orang tua ku dan saya menurutinya saja meskipun saya tidak mau, tetapi saya tidak pernah berbicara “tidak” kepada orang tua ku, dan itu lah yang membuat ku bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, yang dimana pada dasarnya orang tua saya tidak bisa menguliahkan ku karena faktor ekonomi. Namun, Alhamdulillah Allah mengizinkan ku untuk menuntut ilmu di bangku kuliah.
Di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ini ada tiga ranah yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswanya, yaitu: Khitabah, Kitabah, I’lam. Khitabah merupakan skil public speaking atau kemampuan berbicara di depan orang banyak. Skil ini diperlukan oleh mahasiswa Dakwah khususnya jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Dalam berdakwah khitabah sering digunakan oleh para mubaligh yang seing melakukan dakwahnya melalui lisan atau ceramah. Kemudian ada pula orang yang meakukan dakwahnya melalui tulisan seperti contoh para ulama pengarang kitab ataupun kiai-kiai yang menulis buku. Itu adalah contoh berdakwah yang tidak menggunakan lisan melainkan dengan cara lain yaitu menulis atau yang lebih sering dikenal oleh anak KPI dengan sebutan Kitabah, merupakan cara berdakwah yang menggunakan teknik tulisan. Yang terakhir adalah I’lam, yaitu berdakwah melalui media penyiaran elektronik atau modern seperti televisi dan radio.
Jujur saja saya hanya minat dalam dua ranah yang sudah dijelaskan tadi, yaitu Khitabah dan I’lam. Mengapa saya tidak begitu minat dalam penulisan? Yang pertama saya tidak sering membaca, mungkin saya membaca ketika saya ada tugas, persentasi, dan apabila akan ujian. Selebihnya saya jarang sekali membaca, maka dari itu aya tidak terlalu mengerti tentang penulisan.
Dalam hal Khitabah alhamdulillah saya agak mengikuti baik dari materi ataupun praktik. Yang saya senang apabila kuliah seimbang antara materi dan praktik. Karena dengan praktik kita lebih paham apa yang kita pelajari dari teori. Begitupun I’lam sama halnya dengan Khitabah.
Pada awal kyliah semester satu saya mendengar ada komunitas jurusan yang mengembangkan khitabah, kitabah, dan i’lam. Ketika itu saya ingin masuk kedalam komunitas tersebut, karena anggapan saya disana lebih banyak ilmu praktik yang akan saya dapatkan. Dan suatu saat saya masuk kedalam dua komunitas yang saya minati tersebut.
Ketika saya sudah masuk kedalam komunitas tersebut benar saja disana banyak sekali praktik, bertukar fikiran, dan berbagi ilmu. Namun sangat disayangkan saya harus melepas kedua komunitas tersebut, dikarenakan ada kesibukan yang lebih penting dari pada aktif di dalam komunitas itu.
Baru saja saya bisa meningkatkan skil saya akan tetapi waktu yang tidak mendukung dan akhirnya saya menjadi mahasiswa yang “kupu-kupu” (kuliah pulang kuliah pulang).  Walaupun saya sudah tidak di komunitas itu tetapi ketika seiring berjalannya waktu matakuliah-matakuliah jurusan menyeimbangkan dimana teori dan praktik itu sama pentingnya. Jadi setidaknya saya sudah punya dasar dalam melakukan praktik.
Tak terasa waktu begitu cepat, sekarang saya baru sadar bahwa saya sudah semester tingkat akhir dimana ada beban moral yang akan saya hadapi dan yang saya takuti adalah saya belum siap untuk menghadapi beban moral itu. Saya sadar saya masih banyak kekurangan dan belum begitu cukup ilmu dan skil yang saya miliki.
Dari kesadaran itu lah saya mulai menyibukan diri dan melatih skil saya dalam Khitabah dan I’lam, meskipun belum begitu maksimal karena banyak sekali hafalan dan syarat-syarat yang mesti di selesaikan. Namun saya terus berusaha untuk menjadi yang terbaik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Ceramah Puasa

Hallo.. guys sekarang ane mau ngebagiin naskah ceramah ane ketika Acara Silaturahmi di daerah Tasikmalaya tepatnya di desa Cirilitan. semoga bermanfaat Assalamualaikum Wr Wb Bismillah Alhamdulillah shalatuwassalamu ala rasulillah saidina dibni abdillah waala alihi waashabihi wamauwalah Qalallah hutaala fiqitabihil karim يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ   ١٨٣ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, Teu aya kecap anu langkung   megah, anu pantes di ucapken ku hiji jalmi anu doifah, salian ti manjatken puja sinareng puji ka dzat ilahi rabbi. Puji di dugiken ka dzat Allah anu maha suci, oge syukur ka dzat Allah anu maha ghofur, anu nikmat na teu tiasa diukur ku insinyur, ku direktur, ku tukang cukur, ku tukang bubur, ku tukang gali kubur anu engkena bakalan asup kana liang ku... bur. Ny

Naskah Ceramah Ilmu

Nah..., kali ini ada naskah ceramah tentang Ilmu yang saya buat semoga bermanfaat Mencari  Ilmu Assalamualaikum wr.wb  BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM. ALHAMDULILLAAHILLADZII JA'ALNAA MINAN NAASHIHIINA. WA-AFHAMANAA MIN'ULUUMIL'ULAMAA-IR ROOSIKHIINA, WASH SHOLAATU WAS SALAAMU 'ALAA MAN NASAKHO DIINUHU ADYAANAL KAFAROTI WATH THOOLIHIINA, WA-'ALAA AALIHI WA-ASH-HAABIHIL LADZIINA KAANUU BI TAMASSUKI SYARII'ATIHI SHOOLIHIINA." AMMAA BA'DU. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan tentang MENUNTUT ILMU. Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW menyuruh umatnya untuk menuntut ilmu sebagaimana Rosul SAW bersabda Yang artinya : Menuntut Ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah Wahai sahabatku menuntut ilmu dalam ajaran agama Islam yakni dari kita masih sejak dalam buaian seorang ibu hingga masuk keliang lahad. Rosullullah saw bersabda Mencari ilmu adalah suatu kewajiban ya

Naskah Khutbah

jarang-jarang saya mempostingkan naskah Khutbah yang sering biasanya naskah ceramah. nah sekarang saya mau mempost naskah khutbah yang berjudul PESAN DARI WAKTU, semoga bermanfaat PESAN DARI WAKTU Khutbah I الحَمْدُ للهِ، اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا السُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين. أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْآنِ اْلكَرِيمِ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشّيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ: وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْح